Wah! Resepsi Pernikahan Kahiyang-Bobby Sisakan Sampah Hingga 8 Ton

Posted on

SURATKABAR.ID – Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Solo, Hasta Gunawan, mengungkapkan bahwa pernikahan putri Presiden Joko Widodo—Kahiyang Ayu; dengan Muhammad Bobby Afif Nasution menyisakan sampah lebih dari 8 ton. Jumlah tersebut belum termasuk sampah dari ribuan karangan bunga yang dikirimkan oleh para tamu.

Seperti diketahui, pada Rabu (8/11/2017), Kahiyang-Bobby telah menikah dan kini resmi menjadi pasangan suami istri. Diselenggarakan sesuai adat Solo, gelaran pesta pernikahan mereka dilangsungkan di gedung Graha Saba Buana.

“Yang paling banyak itu sisa makanan dan sisa dekorasi yang tidak terpakai. Kan sisa dekor itu ada bunga, kardus, daun, batang pisang dan lainnya. Kalau sisa makannya itu ada botol minuman dan lainnya,” ujar Hasta kepada wartawan di Solo, Jawa Tengah, Kamis (9/11/2017). Seperti dikutip dari laporan JawaPos.com.

Sampah-sampah itu langsung dibersihkan setelah acara Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution rampung, tepatnya mulai sekitar pukul 00.00 WIB.

Baca juga: Tegas! Kapolri Ungkap Alasan Kenapa Bareskrim Harus Hati-Hati Garap Kasus Pimpinan KPK

“Sampah-sampah ini diangkut menggunakan empat truk kecil dengan kapasitas 1 ton dan satu truk besar dengan kapasitas mencapai 4 ton. Jadi totalnya sekitar 8 ton sampah,” bebernya lagi.

Sementara untuk sampah dari karangan bunga yang berdatangan dari banyak pihak, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Solo mengaku tidak memiliki kewenangan untuk membersihkannya. Namun, jika pihaknya diminta untuk membersihkan, mereka akan segera sigap melaksanakannya; sehingga sisa karangan bunga bisa dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA) Putri Cempo, Mojosongo.

Pembongkaran Tenda

Hingga sore hari, truk-truk masih terlihat keluar masuk halaman gedung milik Presiden Jokowi itu untuk mengangkut tenda yang telah dilepas. Selama proses bongkar tenda, tidak terlihat adanya pengamanan dari petugas keamanan, seperti dikutip dari reportase Liputan6.com.

 

Siang tadi, meja dan kursi tamu sudah diberesi. ‎Begitu juga dengan photo booth yang digunakan ajang swafoto tamu pernikahan. Para pekerja juga sudah membereskannya.

Suasana yang sama juga terlihat di sekitar kediaman Presiden Jokowi di Jalan Kutai Utara, Sumber, Solo. Saat prosesi midodareni hingga resepsi pernikahan, di jalan depan rumah Presiden dipasangi tenda yang memanjang hingga mulut gang di Jalan Letjen Soeprapto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *