Pencuri Spesialis Mall Ini Dipermalukan Saat Tertangkap di Aeon Cakung

Posted on

SURATKABAR.ID – Para pelaku pencurian di Aeon Mall Jakarta Garden City (JGC) kawasan Cakung, Jakarta Timur, rupanya merupakan kelompok spesialis pencurian di mal. Hal ini diungkapkan oleh Kapolsek Cakung Kompol Sukatma. Salah seorang dari para pencuri adalah seorang wanita bernama Sarah Rean Devina dan usianya padahal baru menginjak 20 tahun. Saat tertangkap di mal tersebut, tak ayal Sarah pun dipermalukan.

“Para pelaku yang terdiri dari tiga orang ini memang pemain yang biasa mencuri di berbagai pusat perbelanjaan,” demikian Sukatma pada Kamis (5/10/2017) mengungkapkannya kepada tim wartawan sebagaimana dikutip dari reportase Kompas.com, Jumat (6/10/2017).

Dari tiga pelaku pencurian yang menjadi incaran aparat kepolisian tersebut, pihak berwajib baru berhasil mengamankan satu pelaku yakni Sarah Rean Devina (20). Sementara dua rekannya, Kiki dan Max masih buron dan dalam kejaran polisi.

Tersangka Pencuri Dipermalukan

Dan malang bagi Sarah yang harus membayar perbuatannya, wanita belia itu pun dikalungi karton kardus bertuliskan “Saya Maling di Retail, Total: Rp 29 Juta.”

Baca juga: Pengemudi Gojek Ini Terkejut Saat Tahu Penumpangnya Seorang Musisi Terkenal

“Barang-barang yang mereka ambil seluruhnya berupa susu itu bernilai Rp 29 juta dan akan dijual lagi oleh mereka,” tutur Sukatma.

Melepaskan Sensor pada Barang

Dalam ketiga aksinya itu, Sukatma juga menuturkan para pelaku menggunakan modus yang sama dengan melepaskan sensor pada barang-barang curiannya.

“Pelaku Sarah berpura-pura belanja selanjutnya mengambil barang berupa 4 kaleng susu Childkid yang sedang dipajang dengan cara melepas sensor otomatis menggunakan alat yang dibawa dan dimasukkan ke dalam tas lipat kemudian keluar tanpa membayar,” Sukatma menguraikan modus operansi sindikat pencuri tersebut.

Saat keluar, Sarah kemudian diamankan petugas satpam mal Aeon lantaran tertangkap kamera CCTV membawa barang dari dalam mal tanpa membayar.

Bersama dengan Sarah, polisi juga ikut mengamankan barang bukti berupa satu alat pembuka sensor otomatis dan satu tas lipat wanita warna hitam motif merah kuning.

“Pelaku akan dikenakan Pasal 363 KUHP karena melakukan pencurian dengan pemberatan dan hukumannya maksimal 7 tahun penjara,” beber Sukatma.

Baca juga: Menteri Susi Dapat Pujian Selangit dari Pangeran Charles

Mall Aeon Jakarta Garden City, Cakung, Jakarta Timur sendiri baru resmi dibuka pada Sabtu (30/9/2017) lalu. Dengan demikian, pengunjungnya pun belum seramai seperti mall-mall lain di Jakarta. Namun modus dari ketiga pelaku pencurian yang sudah cukup lihai mengingat mereka juga pernah melakukan pencurian di tempat lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *