Lamborghini Aventador S Roadster : Lebih Berat Ketimbang Varian Coupe, Namun Tetap Bertenaga Besar

Posted on

Lamborghini Aventador S Roadster : Lebih Berat Ketimbang Varian Coupe, Namun Tetap Bertenaga Besar

Lamborghini Aventador S Roadster : Lebih Berat Ketimbang Varian Coupe, Namun Tetap Bertenaga Besar

Seksi itu ternyata butuh pengorbanan. Yap, seperti yang dialami oleh Roadster lansiran Lamborghini ini yang rela menambah bobot berkat ubahan chassis.

Aventador memasuki usia ke-6 tahun pada 2017 ini. Agar memiliki tampilan yang selalu fresh, Automobili Lamborghini SPA melansir sebuah banteng terbaru yang diberi nama Aventador S Roadster.

Mobil dengan atap yang bisa dibuka ini menjadi bintang booth pabrikan asal Sant’Agatta, Italia dalam ajang Frankfurt Auto Show 2017 silam.

Varian roadster dengan atap terbuka selalu menjadi daya tarik tersendiri dan dianggap lebih seksi dibandingkan dengan varian coupe dengan atap tetap (fix roof).

Namun bagi mobil dengan arsitektur monokok seperti halnya Aventador ini hilangnya atap permanen tersebut menjadi persoalan tersendiri menjadi tantangan tersendiri dari segi konstruksi. Konsekuensi agar tetap memiliki konstruksi yang kokoh dan kaku maka satu-satunya jalan adalah dengan melakukan reinforced pada konstruksi chassisnya.

Pada varian Aventador Roadster S, penguatan pada konstruksi ini berimbas pada bobot kendaraan hingga 50kg lebih berat dibandingkan dengan versi Coupe terbaru yang dikeluarkan pada awal tahun ini. Selisih bobot ini termasuk bobot atap hardtop roadster yang mencapai berat kurang dari 6 kg.

Atapnya bisa disimpan dibagasi depan, sementara kaca belakang bisa diturunkan secara elektrik dan kap mesin bisa diganti dengan kaca sesuai dengan permintaan konsumen.

Sebagai mobil berperforma tinggi, mesin V12 6.500cc yang digunakan mampu mengail daya 740 dk yang diakurkan dengan transmisi 7-percepatan otomatik berpenggerak empat roda. Selain itu, mobil ini juga dilengkapi dengan suspensi aktif dan sayap belakang aktif.

Dinilai dari performanya, roadster ini mampu melahap 3 detik dari 0-100 km/jam. Sedangkan kecepatan puncaknya mengelus di angka 350 km/jam.

Kabarnya Aventandor S Roadster siap dikirim awal tahun 2018.

 

Sumber : Carreview

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *