Generasi ketiga Honda Fit Hybrid untuk efisiensi bahan bakar

Posted on

Generasi ketiga Honda Fit Hybrid untuk efisiensi bahan bakar

Generasi ketiga Honda Fit Hybrid untuk efisiensi bahan bakar

Nagoya (ANTARA News) – Setelah sukses dengan generasi pertamanya, kini Honda Fit (dikenal dengan Honda Jazz di Indonesia) generasi ketiga hadir dengan mempertahankan konsep orisinil serta powertrain dan bodi yang telah disempurnakan untuk efisiensi bahan bakar, kenyamanan dan performa berkendara yang maksimal.
Honda Fit Hybrid dilengkapi sistem one-motor Sport Hybrid i-DCD dan tiga mode berkendara yakni EV Drive, Hybrid Drive dan Engine Drive dengan efisiensi bahan bakar 36,4 km/L,sehingga menjadi mobil dengan efisiensi bahan bakar tertinggi di Jepang. 
Sedangkan Honda Fit dengan tipe berbahan bakar menggunakan mesin berkapasitas 1.3L dengan efisiensi bahan bakar 26 km/L. Mesin dengan kapasitas 1.5L juga tersedia dengan teknologi direct injection untuk menghasilkan kendaraan bertenaga tinggi, yang juga didukung melalui penyempurnaan pada layout tangki pusat untuk mewujudkan mobil yang kompak dan ringan dengan kabin lebih luas.
Sejak pertama kali diperkenalkan pada Juni 2001, Honda Fit telah dirakit di 10 lokasi pada 8 negara dan diproduksi lebih dari 2 juta unit di Jepang. Sebagai model favorit dunia, Honda Fit tersedia di 123 negara dan lebih dari 4,87 juta unit telah terjual.
   
Honda Fit hadir dengan sebelas pilihan warna yaituVivid Sky Blue Pearl, Attractive Yellow Pearl, Premium White Pearl, Milano Red, Light Beige Metallic, Tinted Silver Metallic, Brilliant Sporty Blue Metallic, Premium Northern Lights Violet Pearl, Alabaster Silver Metallic, Crystal Black Pearl, dan Sunset Orange II.
Dilengkapi dengan eksterior dinamis, Honda Fit tampil dengan kabin yang lega dan fitur canggih untuk kenyamanan berkendara pada jarak jauh. Untuk tipe 13G, Honda Fit menggunakan mesin 1.3L Atkinson cycle DOHC i-VTEC dengan CVT dan tingkat efisiensi 26 km/L. Sedangkan pada tipe 15X dan RS, Honda Fit menggunakan mesin 1.5L direct injection DOHC i-VTEC yang menghasilkan output 10 persen lebih tinggi dari model sebelumnya untuk kendaraan lebih bertenaga.
Sementara di versi hybrid, Honda Fit mengkombinasikan mesin 1.5L Atkinson cycle DOHC i-VTEC dengan DCT tujuh percepatan, motor penggerak internal, dan Intelligent Power Unit (IPU) dengan baterai lithium-ion yang menghasilkan efisiensi 36,4 km/L sebagai yang tertinggi di Jepang untuk kelas kendaraan hybrid. Penggunaan kompressor listrik mengurangi beban mesin sehingga sistem hybrid ini menawarkan efisiensi bahan bakar lebih tinggi 35% dibandingkan sistem hybrid IMA versi terdahulu.
Berdasarkan kondisi berkendara, sistem hybrid dapat secara otomatis menghubungkan dan memutuskan koneksi antara mesin listrik dan mesin berbahan bakar, serta berpindah diantara tiga mode: EV Drive yang hanya menggunakan mesin listrik, Engine Drive yang hanya menggunakan mesin berbahan bakar, dan Hybrid Drive yang menggunakan keduanya yakni mesin listrik dan mesin berbahan bakar.
Generasi ketiga Honda Fit hadir dengan penyempurnaan desain yang lebih ringan dan kokoh. Bagian atap, pilar depan, dan bagian bawah bodi mobil telah di desain untuk meningkatkan aliran udara, mengurangi hambatan dan menciptakan performa aerodinamis yang maksimal. Bagian permukaan juga telah di desain dengan bahan kedap suara sehingga menciptakan suasana berkendara lebih nyaman.
Suspensi Honda Fit menawarkan kelembutan saat berkendara, postur kendaraan yang stabil dan tidak limbung saat berbelok di tikungan. Hal ini dihasilkan dari kombinasi pengemudian yang stabil dan performa pengendalian dengan rasa mantap dan kenyamanan berkendara yang minim getaran.
Pada Honda Fit versi hybrid, sistem pengeremen elektrik mengubah energi kinetik menjadi energi listrik, yang berkontribusi terhadap efisiensi bahan bakar. Sistem pengeremen ini menjadi yang pertama di dunia yang memungkinkan pengereman secara linier dan stabil.
Dengan teknologi G-Force Control (G-CON) dan Advanced Compatibility Engineeringā„¢ (ACEā„¢), struktur bodi mobil Honda dibuat untuk melindungi penumpang dari benturan depan dan mengurangi cedera pada pejalan kaki saat terjadikecelakaan. Selain itu, Honda Fit juga memiliki teknologi untuk mencegah kecelakaan seperti VSA (Vehicle Stability Assist), HSA (Hill-Start Assist) dan ESS (Emergency Stop Signal)yang dapat memberi aba-aba bagi pengendara di belakang mobil apabila terjadi pengereman mendadak.
Selain itu, beberapa fitur tersedia untuk tipe tertentu seperti airbag samping dan depan serta sistem City-Brake Activeyang berfungsi melakukan pengereman otomatis untuk menghindari tabrakan dengan objek di depan, saat mobil melaju dibawah kecepatan 30 km/jam.
Anggota premium Internavi LINC dapat menikmati beberapa layanan tambahan seperti Smart Map Update Service yang memungkinkan pengendara untuk memperbaharui semua data dan peta secara gratis setiap 6 bulan via Linkup Free untuk 3 tahun pertama. Lebih praktis lagi, layanan ini menyediakan lokasi kendaraan dan informasi bersangkuran ke HELPNET (layanan servis kondisi darurat di Jepang) saat airbag diaktifkan ketika terjadi benturan. 
Model kursi putar di baris depan pada model ini membuat keluar-masuk kendaraan menjadi lebih mudah. Kursi ini memiliki dudukan lebih rendah dengan permukaan tepi lebih halus.Sentuhan pada tuas berfungsi untuk memutar kursi, dan adanya ruang kaki cukup lapang sepanjang rotasi menambah kenyamanan penumpang.

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *