Diskon besar "dieselgate" naikkan penjualan mobil di Jerman

Posted on

Diskon besar "dieselgate" naikkan penjualan mobil di Jerman

Diskon besar "dieselgate" naikkan penjualan mobil di Jerman
Frankfurt (ANTARA News) – Federasi pembuat mobil Jerman memperkirakan adanya kenaikan penjualan mobil tahun 2017 menyusul langkah cepat konsumen untuk membeli mobil baru yang ditawarkan dengan diskon besar karena skandal emisi mesin diesel (dieselgate).

Di negara itu, mobil-mobil baru yang menggunakan mesin diesel model lama dijual dengan potongan harga hingga ribuan euro asalkan dibeli sebelum akhir tahun ini. Langkah itu diambil produsen mobil guna membangun kembali kepercayaan konsumen yang terpuruk setelah skandal dieselgate.

Negara dengan perekonomian terbesar di Eropa itu diperkirakan akan menjual sekitar 3,5 juta kendaraan pada tahun ini, atau naik 4,0 persen dibandingkan 2016, menurut asosiasi industri VDA.

VDA memprediksikan pada Maret bahwa penjualan unit akan naik 3,35 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

“Penambahan diskon untuk penjualan kendaraan mesin diesel lama menjadi salah satu faktor kenaikan permintaan,” kata kepala VDA Matthias Wissmann dilansir AFP, Kamis.

Banyak pabrik menarwarkan diskon ribuan euro kepada pembeli untuk mobil baru yang dibeli sebelum akhir tahun, berharap bisa mendapatkan kembali dukungan politikus dan publik setelah serangkaian skandal.

Pejuangan mobil pada September lebih rendah 3,0 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu, menurut data VDA.

Namun, mengamati jumlah antara 1 Januari sampai 30 September, penjualan unit menguat 2,0 persen menjadi 2,6 juta kendaraan.

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © 2017

Sumber : Antaranews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *