Data Gaikindo September Confero ungguli Xpander, Wuling "happy"

Posted on

Data Gaikindo September Confero ungguli Xpander, Wuling "happy"

Data Gaikindo September Confero ungguli Xpander, Wuling "happy"
Denpasar (ANTARA News) – Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) baru saja merilis data penjualan wholesale bulan September 2017 yang memperlihatkan mobil Low MPV milik pemain baru, PT SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors), Confero dan Confero S mencatatkan angka penjualan 1.391 unit pada bulan tersebut. 

Angka tersebut membuat wholesale Confero dan Confero S sukses melampaui sesama Low MPV lain yang diluncurkan dan mulai dijual pada saat yang hampir bersamaan, Mitsubishi Xpander. 

Xpander, seturut data Gaikindo baru mencatatkan penjualan wholesale sebanyak 1.096 unit pada bulan September, terpaut hampir 300 unit dari penjualan Wuling Confero dan Confero S di bulan yang sama. 

Menyikapi catatan penjualan wholesale sebanyak 1.391 unit tersebut, Brand Manager Wuling Motors Dian Asmahani mengaku girang, meski ia menekankan rasa girang tersebut bukan karena mengetahui penjualan mereka melampaui Mitsubishi Xpander. 

Happy-nya karena kita tahu bahwa respon masyarakat bagus, tapi bukan karena itu (lebih tinggi dari Xpander), karena waktu kita lapor penjualan ke Gaikindo belum ada datanya merek lain loh,” kata Dian di sela-sela rangkaian uji kendara Wuling Confero S di Bali, Jumat. 

Dian menekankan bahwa pihaknya belum tertarik untuk membandingkan angka penjualan dengan jenama pesaingnya di segmen Low MPV.

 Ia hanya menilai bahwa pencapaian Confero dan Confero S hingga September 2017 sebagai sesuatu yang positif mengingat status mereka sebagai jenama yang betul-betul baru terjun ke pasar otomotif Indonesia. 

“Kami tidak mau lihat brand lain lah, at least dengan pencapaian penjualan kami sendiri sebagai brand baru yang sebelum kita launching, sebelum kita datang di Indonesia pun orang gak pernah tahu dengan yang namanya Wuling, makanya itu jadi sebuah pencapaian positif bahwa hasil penjualannya segitu,” ujarnya. 

Jika menarik perbandingan dari aktivitas produksi, pencapaian Wuling sebagai jenama anyar adalah hal yang cukup positif bisa melampaui Mitsubishi Xpander. Pasalnya, keduanya baru saja meresmikan pabrik anyar tahun ini, Mitsubishi pada April dan Wuling menyusul pada Juli. 

Hanya saja, Mitsubishi lebih dahulu memproduksi Pajero Sport di pabrik barunya –meski tentu saja sudah menyiapkan kuota untuk Xpander di pabrik tersebut–, sedangkan Wuling sejak awal segera memproduksi Confero dan Confero S. 

Sekali lagi, sebagai sebuah jenama asal China yang datang di bawah bayang-bayang stigma buruk, pencapaian Wuling melampaui Xpander –milik produsen Jepang yang dianggap lebih mumpuni– menjadi fakta menggembirakan bagi Dian dkk di Wuling Motors, maupun pihak prinsipal di seberang sana. 

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *