Dapat Video Kanker Bergerak di Atas Piring? Ini Fakta Dibaliknya

Posted on

SURATKABAR.ID – Ketidakcakapan masyarakat awam terkait ilmu medis kerap dimanfaatkan oleh para penyebar berita bohong alias hoax. Ini tentu menimbulkan keresahan di kalangan masyarakat, terutama jika yang disebarkan sudah berkaitan dengan fitnah dan informasi yang tidak absah, dalam hal ini khususnya bersangkutan dengan info seputar kanker, tumor, dan sejenisnya. Agar lebih meyakinkan, hoax bahkan dikemas dalam bentuk video, seperti yang belakangan ini luas tersebar, yakni video mengenai kanker yang bisa bergerak sewaktu didekatkan ke emas dan bawang.

Melansir laporan JawaPos.com, Jumat (10/11/2017), video itu beredar di grup-grup WhatsApp. Dalam video tersebut, tampak sebuah benda seperti jelly hitam diletakkan di atas piring—yang kemudian disebut sebagai “kanker”. Lalu, satu siung bawang putih dipegang seseorang dan didekatkan di benda mirip jelly itu. Hasilnya, benda tersebut bergerak menjauhi tangan yang memegang bawang.

Setelah itu, ganti cincin emas yang didekatkan ke jelly hitam itu. Hasilnya, benda berwarna hitam itu bergerak mendekati cincin. Video tersebut juga dilatarbelakangi oleh suara seperti orang mengaji.

Umumnya, video itu disebarkan bersama pesan tentang hasil operasi kanker. Jika didekatkan dengan bawang putih, potongan dari operasi kanker tersebut menjauh. Namun, bila didekatkan dengan emas, benda itu mendekat.

Baca juga: Resmi! KPK Kembali Tetapkan Setya Novanto Sebagai Tersangka Kasus E-KTP

Breast Surgeon RS Onkologi Surabaya, Bob J. Octovianus FICS, memastikan informasi yang menyertai video tersebut adalah hoax.

”Sel kanker tidak bisa bergerak seperti yang ada dalam video itu. Apalagi bergerak cepat seperti mempunyai kaki,” tandasnya. Ia mengungkapkan, tempat yang paling memungkinkan untuk tumbuhnya sel kanker adalah di dalam tubuh manusia. Bukan berpindah tempat.

Magnetic Thinking Putty

Berdasar penelusuran tim wartawan, benda yang dalam video itu disebut kanker serupa dengan magnetic thinking putty. Bentuknya mirip slime yang biasa dibuat mainan anak-anak. Anda bisa membeli benda semacam itu di situs jual beli hadiah unik, vat19.com, dengan harga USD 14,99.

Di Vat19.com juga ada video demonstrasi penggunaan magnetic thinking putty. Demo itu mirip video hoax tentang kanker yang bisa bergerak. Sewaktu didekatkan dengan benda yang mengandung logam, magnetic thinking putty bergerak mendekat.

Menurut penjelasan situs Vat19, magnetic thinking putty mengandung jutaan magnet berukuran mikron. Benda itu disarankan untuk digunakan pada atraksi sulap. Misalnya, ditempatkan di telapak tangan agar seolah-olah mampu mengangkat besi atau gagang sendok tanpa mengambilnya.

Benda buatan Amerika Serikat ini berdimensi 4 inci dengan tinggi 1,3 inci dan berat 3,2 ons. Penjualannya dibungkus dengan kaleng seperti pomade rambut. Tersedia empat warna, yakni hitam, biru, silver dan pink.

Selain bisa membeli dalam bentuk barang jadi, Anda dapat membuat sendiri magnetic slime. Tutorialnya dapat ditemukan di YouTube. Gunakan kata kunci how to make magnetic slime. Bahan-bahannya meliputi boraks, iron oxide, dan lem putih. Namun, belum diketahui hasil DIY (do it yourself) itu, apakah secanggih barang jadi yang dijual di situs vat19.

Dugaan banyak orang, video palsu tentang kanker bisa bergerak yang sempat viral itu adalah ulah para penjual obat herbal. Terutama mereka yang menjual produk herbal dengan kandungan bawang yang konon dapat menyembuhkan kanker.

Baca juga: Ingin Wajah Kinclong Bebas Komedo? Lakukan 4 Cara Mudah Ini

Bila diperhatikan, pembuat video hoax itu memang sedikit tricky. Contohnya, ketika benda hitam tersebut didekatkan dengan bawang. Benda itu bergerak dari kiri ke kanan. Ternyata, di bagian kanan piring yang menjadi tempat ”kanker” itu terdapat cincin. Jadi, gerakan benda hitam tersebut mungkin disebabkan oleh tarikan dari cincin itu.

Selain bisa membeli dalam bentuk barang jadi, Anda dapat membuat sendiri magnetic slime. Tutorialnya bisa Anda cari di YouTube. Cari saja dengan kata kunci how to make magnetic slime. Bahan-bahannya meliputi boraks, iron oxide, dan lem putih. Namun, belum diketahui apakah hasil DIY (do it yourself) tersebut akan sama canggihnya dengan magnetic thinking putty yang sudah jadi dan dijual di situs vat19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *